Powder Power!


Hai Ladies..

 

 

 

Pastinya Ladies tau dong apa itu bedak atau powder. Semua Ladies, mau yang suka dandan atau yang bener-bener cuek, minimal pernah pakai bedak di wajahnya satu kali dalam hidupnya, betul ga? Nah, seiring dengan perkembangan di industri kosmetik, jenis bedak pun jadi bermacam-macam. Jika dulu kita hanya tau bedak tabur dan bedak padat saja, nah sekarang variannya bertambah banyak. Selain itu fungsi, teknik pengaplikasian, teksturnya pun semakin marak. Well, kali ini saya akan membahas mengenai berbagai jenis bedak dan fungsinya pada umumnya. Sooo, kita mulai aja yaa..

 

 

powders

Pertama, apa itu bedak? Menurut saya, bedak adalah salah satu jenis kosmetik yang multi fungsi, karena bisa dipakai untuk mengeset foundation, sebagai dasar dalam mengaplikasikan contour, bronzer, highlight, dan blush yang bertekstur padat, sebagai kosmetik yang dipakai begitu saja, tanpa tambahan kosmetik yang lain, merupakan produk untuk membuat wajah bebas kilap, mampu membuat eyeshadow yang digunakan lebih terbaur, sebagai produk yang dapat membantu menetralkan blush on atau contour yang terlalu tajam, membuat lipstik yang memiliki tekstur creamy menjadi matte, sebagai pengganti sampo kering, membantu dalam mengurai dan membuat sasakan rambut lebih mudah, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak fungsi yang saya sebutkan tadi, sudah pasti bedak merupakan barang penting dan wajib ada di setiap tas kosmetik atau meja rias Ladies.

 

 

 

Sekarang kita beralih ke jenis pertama dari bedak/powder, yaitu loose powder (bedak tabur) dan compact powder (bedak padat). Dahulu, ada orang yang bilang gini : pakai dulu yang tabur, lalu yang padat. Sekarang : pakai yang mana aja terserah, karena tabur atau padat adalah teksturnya, yang lebih penting adalah formula yang terkandung di dalamnya. Tapi, bedak tabur dan bedak padat itu apa sih?

 

TranslucentFacePowder1-600x600

 

Bedak tabur biasanya dikemas dalam tabung, botol, atau stoples kecil. Bedak ini memiliki konsistensi yang amat halus, partikel yang amat kecil, dan biasanya memiliki daya cover yang cukup tipis. Selain itu, biasanya bedak tabur itu mudah berantakan. Oleh karena itu, pemakaian bedak tabur adalah di rumah dan tidak diperuntukan untuk dibawa kemana-mana (walaupun bisa aja sih, resiko tanggung sendiri).

 

5867704_B_V166

 

Sedangkan bedak padat biasanya dibuat dengan cara ditekan sehingga bentuknya menjadi padat dan dikemas dalam tempat yang sesuai dengan bentuknya. Bedak ini biasanya mengandung partikel yang lebih besar dan pemakaian yang terlalu banyak/tebal membuat tampilan wajah jadi lebih “berat” a.k.a menor. Jadi memang perlu berhati-hati dalam pengaplikasian bedak padat. Karena bedak ini tidak seberantakan bedak tabur, maka bedak ini cocok dibawa kemana-mana dan untuk touch-up saat dibutuhkan.

 

10664494-1415785802-604074

 

Lalu ada yang disebut translucent powder dan tinted powder, apakah gerangan? Translucent powder adalah jenis bedak yang memiliki tampilan akhir yang transparan. Seperti namanya : translucent, yang artinya tembus cahaya, pemakaian bedak translucent tidak membuat warna kulit menjadi lebih cerah atau lebih gelap, tapi sesuai dengan warna kulit asli atau warna foundation yang ada di bawahnya.

 

tumblr_inline_mh5k5eqBNA1qdetvy

 

Sedangkan tinted powder adalah jenis bedak yang memiliki sedikit warna di dalamnya. Seperti yang banyak dijual di Indonesia, dimana bedak memiliki warna dengan pink, yellow atau neutral undertone, yang mampu membuat warna kulit menjadi lebih cerah atau gelap. Itu merupakan contoh dari tinted powder. Saya biasanya memakai tinted powder untuk menyeimbangkan warna foundation yang ada di bawahnya : jika foundation terlalu terang, maka tinted powdernya lebih gelap, atau sebaliknya.

 

laura-marcier-powder

 

Selanjutnya, ada istilah setting powder dan finishing powder, lalu apa bedanya? Setting powder biasanya adalah bedak tabur atau bedak padat biasa yang baik formula maupun daya covernya ringan dan mampu membuat wajah bebas kilap. Setting powder berguna untuk mengeset foundation/concealer/bb/cc cream yang telah diaplikasikan sebelumnya agar tidak bergeser atau meleleh.

 

 

2254920

Kemudian finishing powder, adalah, seperti namanya, dipakai di akhir pengaplikasian makeup (atau minimal, dipakai setelah pemakaian setting powder). Gunanya adalah untuk membuat tampilan jadi lebih halus, pori terlihat lebih kecil, garis-garis halus wajah jadi lebih tidak kentara, dan membuat tampialn keseluruhan jadi ekstra sempurna. Memang, penggunaan finishing powder ini bisa jadi tidak di setiap hari, karena ribet dan tampak wajah kita menggunakan terlalu banyak lapisan. Tapi jika Ladies ingin hasil foto atau videonya bagus, maka penggunaan finishing powder membuat hal tersebut jadi lebih mungkin. Salah satu contoh finishing powder adalah HD powder yang memang berfungsi untuk membuat wajah tampak high definition tapi tetap terlihat halus.

 

 

Foundation-powder-face-mineral-makeup-shade-medium-skin

Terakhir adalah powder foundation. Nah, bedak jenis ini adalah foundation namun berbentuk bedak. Bedak ini seperti tinted powder namun memiliki daya cover yang lebih tinggi, sehingga Ladies bisa jadi tidak perlu menggunakan cream/liquid foundation terlebih dahulu. Powder foundation sendiri bisa jadi terdiri dari tekstur loose dan compact, dan fomula biasa atau mineral. Saya pribadi biasanya menggunakan powder foundation jika sedang malas berlama-lama berdandan atau ingin tampilan terpoles namun dengan waktu yang cukup singkat.

 

 

Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s