Posted in Face, skin care, Theory

Moisturizer. Do We Need It?


Hai Ladies..
Kali ini saya mau membahas mengenai face moisturizer. Menurut Ladies sepenting apa sih face moisturizer itu? Apakah harus kita gunakan setiap hari dan mungkin malam harinya juga? Bukannya kalau pakai face moisturizer itu wajah malah jadi makin berminyak dan makeup jadi meleleh?
Seperti translate-annya, moisturizer berarti pelembab dan fungsinya adalah untuk melembabkan kulit, dalam hal ini adalah kulit di bagian wajah. Jadi agar kulit Ladies tidak kering dan tetap terjaga kelembapannya, Ladies perlu menggunakan moisturizer. Kulit wajah bisa mengalami kekeringan karena kandungan air dalam tubuh kita berevaporasi.
Moisturizer dibutuhkan oleh segala jenis kulit. Sebut saja, kulit normal, kering, super kering, berminyak, yang mengalami proses penuaan, sensitif, bahkan yang terkena gejala eksim, semuanya membutuhkan moisturizer. Tapi mungkin jenisnya yang berbeda.
Untuk kulit kering, super kering, dan menua membutuhkan moisturizer yang berbahan dasar minyak yang mengandung antioksidan. Mengapa? Karena anti oksidan mampu menghambat gejala awal penuaan yang terlihat seperti keriput yang umumnya diakibatkan oleh kurangnya kandungan air pada kulit. Semakin kering kulit Ladies, maka Ladies akan membutuhkan semakin banyak bahan dasar minyak atau petrolatum yang terkandung dalam moisturizer Ladies.
Lain halnya dengan kulit berminyak. Kulit saya tergolong berminyak, dan saat cuaca amat panas seperti akhir-akhir ini, kandungan minyaknya seakan tidak habis-habis. Saya membutuhkan moisturizer yang berbentuk gel atau lotion karena biasanya moisturizer tersebut berbahan dasar air yang mampu mengimbangi kulit saya yang berminyak. Hal lain yang terpenting lainnya adalah moisturizer tersebut harus tidak menyumbat pori dan tidak menyebabkan komedo. Seperti yang mungkin Ladies tahu, bahwa kulit berminyak amat rawan terhadap komedo dan jerawat.
Kemudian untuk kulit sensitive, moisturizer yang mungkin cocok adalah moisturizer yang mengandung elemen penenang yang lembut seperti chamomile atau lidah buaya yang dapat meminimalisir efek samping seperti alergi, kemerahan, gatal, dan gejala iritasi lainnya.
Terakhir, untuk kulit bereksim. Well, seperti yang Ladies tahu, bahwa saya sama sekali bukan dokter. Untuk Ladies yang memiliki eksim pada kulit, lebih baik tanyakan pada dokter kulit Ladies mengenai jenis dan merek moisturizer yang paling cocok dengan kulit Ladies.
Jadi, kapan dong kita menggunakan moisturizer? Saya pribadi menggunakan moisturizer sehabis mandi, mencuci muka, dan mau tidur. Kenapa? Karena saat mandi dan mencuci muka, muka Ladies memang jadi terbebas dari segala macam bekas kosmetik, polusi, minyak alami wajah, dan kotoran lainnya. Namun, busa sabun/foam dapat membuat kulit wajah menjadi kering juga. Lalu kenapa di malam hari? Karena pada malam hari, walaupun fisik kita beristirahat (tidur), kandungan air dalam tubuh juga masih bekerja dan berevaporasi. Bedanya, saat kita tidur, kita tidak minum untuk menjaga kandungan air tersebut. Oleh sebab itu, bagi para Ladies diperkenalkan krim malam yang mempu menjaga kelembaban tubuh kita saat kita sedang tertidur pulas.
Dan yang terakhir, bukankah dengan menggunakan moisturizer maka makeup kita akan jadi mudah meleleh? Well, tidak! Tidak sepenuhnya benar, sebetulnya. Bagi kulit berminyak, moisturizer yang tepat justru mampu menahan produksi minyak alami wajah, menyeimbangkan warna kulit, menutup ketidaksempurnaan (seperti pori yang membesar, keriput, dan garis halus), dan tentu saja melembabkan kulit wajah.
Bagi saya, moisturizer dan krim SPF adalah suatu keharusan dengan atau tanpa menggunakan makeup. Meskipun mungkin efeknya makeup jadi meleleh (yang bukan salah moisturizer) atau wajah terlihat 50x lebih putih daripada leher di hasil foto (backlight). Saya lebih memilih makeup saya “berantakan” (bersyukurlah ada setting spray yang memperkecil kemungkinan ini) di akhir hari, daripada menderita keriput, flek, atau kanker kulit di lain hari.
So, bagaimana dengan Ladies? Sudahkah Ladies menemukan moisturizer yang tepat? Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

 

 

Advertisements

Author:

I love make up, and I love drugstore products more!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s