Salah Beli Foundation? Ini Tipsnya..


Hai ladies..

 
Eh, pernah ga Ladies beli satu foundation dan warnanya ga cocok dengan warna kulitnya Ladies? Atau Ladies SELALU beli foundation dengan warna yang salah? Kalo jawabannya iya, toss duluuuu.. Soalnya saya pun begitu!
Ini curhat dikit yah, tapi ga tau deh kebanyakan foundation yang dijual oleh produsen atau industri kosmetik di Indonesia ga cocok dengan warna kulit saya. Well ada sih satu tapi ya ga cocok-cocok amat..

 
Nah pertanyaannya, kenapa bisa salah beli foundation, memangnya saat beli tidak di swatch dulu di tangan? Ladies, mungkin masalahnya terletak di perbedaan warna kulit tangan dan kulit wajah. Coba dekatkan punggung tangan dengan wajah, beberapa Ladies bahkan memiliki perbedaan warna keduanya lebih dari 3 tingkatan.

 
So, salah satu solusinya adalah saat Ladies mencoba foundation, jangan mencobanya di punggung tangan. Tapi coba swatch di tangan bagian dalam. Kenapa? Karena tangan bagian dalam memiliki kulit yang baik warna maupun tekstur yang hampir mirip dengan kulit wajah kita. Kulit wajah biasanya berwarna lebih cerah karena pada umumnya kita menggunakan pelembab, lotion spf, atau sunblock di daerah tersebut. Sedangkan pada punggung tangan, meskipun kita memakai produk-produk tersebut, cenderung akan lebih gelap.

 
Nah, back to topic, memilih foundation itu memang susah-susah gampang. Salah satu masalahnya terkait undertones. Tapi biar singkat, klik dulu ini untuk mengetahui penjelasan tentang undertones.

83f23cd6fa258ea236946335720c6206
Oke, jika sekarang Ladies sudah menemukan warna yang sesuai dengan undertones kulit Ladies, sekarang tinggal memilih kecerahan yang tepat. Saran saya, pilihlah foundation satu tingkat lebih cerah daripada warna kulit wajah Ladies. Ih, seriusan.. Karena dengan berlalunya waktu pemakaian, foundation bisa jadi teroksidasi. Jika foundation teroksidasi maka warnanya akan menggelap.

How-to-apply-foundation-properly-5
Itulah sebabnya lebih baik menggunakan foundation yang tingkat kecerahannya satu tingkat lebih tinggi dan mengesetnya dengan bedak yang warnanya sama dengan warna kulit wajah atau dengan translucent powder. Sehingga saat pertama kali di set dengan menggunakan bedak, warna antara kulit yang diaplikasikan foundation dengan kulit yang tidak teraplikasi foundation akan cenderung hampir sama. Kemudian, saat foundation mulai teroksidasi (dan saat itu bisa dipastikan bedak yang dipakaipun telah menghilang) maka warnanya tidak akan membuat Ladies tampak kucel atau warnanya jadi berbeda dengan kulit yang tidak teraplikasi foundation. Oke, kebayang ga?

 
Kesimpulannya, untuk dapat memakai foundation yang tepat (baik membeli secara langsung atau online) maka Ladies harus :
1. Mengetahui undertones kulit Ladies.
2. Mengetahui undertone dari foundation yang akan dibeli.
3. Memilih shade yang satu atau dua (tapi mungkin kebanyakan kalau dua) tingkat lebih cerah daripada kulit Ladies.
4. Mengswatch foundation tersebut pada bagian dalam tangan (jika membelinya secara langsung).
5. Mengeset foundation tersebut dengan translucent powder atau bedak dengan warna dan undertones yang sama dengan kulit Ladies.

 
Yap, sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s