essence quattro eyeshadow in OVER THE TAUPE : review, swatch, and tutorial


Hi Ladies..

 
Kali ini saya balik lagi untuk menulis review, memberi swatch, dan menjelaskan sedikit tutorial dari salah satu eyeshadow palet. Palet ini dari Essence Quattro Eyeshadow Smokey Eyes Look Palette. Umm, okey jujur yah.. Sampe 3 bulan yang lalu sih, masih ada beberapa booth essence di Bandung, atau mungkin di Indonesia. Tapi sekarang saya ga nemuin lagi, so… Asalnya saya juga sedikit ragu mau nulis review ini atau engga, mengingat ada beberapa readers yang suka nanya beli produknya dimana, harganya berapa, tapi ya sudahlah. Siapa tau, nanti ada lagi booth Essence di Bandung atau di Indonesia.

 
Oke, sebelum saya mulai, mungkin ada beberapa Ladies yang nanya apa sih merk Essence itu. Nah, setau saya, Essence itu brand dari Eropa. Entah itu dari negara Belanda atau Jerman. Selanjutnya, kenapa saya beberapa kali ngereview produk Essence, padahal booth atau outletnya di Indonesia aja ga jelas ada dimana, dan yang jualan online juga kayanya jarang, sekalinya ada harga jual barangnya amit-amit mahalnya. Jawabannya adalah karena, saya rasa-pikir-dan coba, produk dari Essence itu murah meriah. Seriusan loh, bukan ngepromosiin yah, saya hanya ngasih info aja buat Ladies, harga-harga produknya nyaman banget di kantong dan sesuai pengalaman saya, ga ada produknya yang harganya lebih dari 100 ribu. Malahan harganya seperti yang rata, misalnya yang bentuknya kaya pensil seperti lip pencil atau eyeliner pencil harganya sekitar 49 ribuan atau yang teksturnya krim seperti bb cream, foundation, concealer, atau gel eyeliner harganya sekitar 60 ribuan. Intinya, kalau Ladies suatu saat menemukan lagi booth Essence mampir-mampir deh, siapa tau nemu produk yang cocok..

 
Selain harga, (nah gwe jadi kaya promosi gini, padahal dibayar juga engga hahaha) hal seru dari Essence adalah varian produknya yang banyaaaaaak banget. Memang ada produk regular yang dijual terus menerus seperti eyeliner, foundation, dan lain-lain. Tapi setiap bulannya Essence ngeluarin beberapa produk sesuai tema. Misalnya selama bulan Desember yang suhunya masih dingin, mereka ngejual cream eyeshadow warna biru, periwinkle, dan silver yang kategorinya limited edition dan di bulan lainnya mereka menjual beberapa produk limited edition lainnya. Saya pikir marketing yang seperti ini seru dan menarik karena bikin konsumennya nunggu trend bulan ini dan produk limited editionnya.

 
Nah, sekian promosi gratisannya ( -_-“) kita mulai reviewnya yah.. Essence Quattro Eyeshadow adalah jenis eyeshadow 4 warna dari Essence. Varian warnanya sebetulnya banyak, tapi yang ready atau yang jadi trend kali ini ada 6 jenis. Beberapa bulan yang lalu saya hanya beli satu saja buat coba-coba. Karena kebetulan di booth Essence tempat saya membelinya, ga disediain tester. Palet yang saya miliki berjudul Over the Taupe dan merupakan edisi smokey eyes look. Dari judulnya saja bisa terprediksi bahwa warna-warna yang ada di palet ini terdiri dari berbagai gradasi warna taupe, termasuk abu-abu, dan cream. Gambar packaging (yang ga akan saya bahas) dan swatch warnanya di kulit saya adalah pada gambar berikut.Di gambar tersebut terlihat bahwa palet ini terdiri dari 3 warna shimmer halus dan satu warna matte. Saya akan membahasnya satu persatu.

20150715_142128 csm_848262_4fdd47796f
Warna paling kiri adalah warna deep grey dengan reflect warna bronze. Sehingga walaupun warna aslinya tergolong cool tone, namun terlihat lebih warm karena reflect yang ada di dalamnya.
Selanjutnya adalah warna deep taupe (atau nama kampungnya adalah abu-abu monyet, hahaha) yang memiliki satin finish. Tekstur eyeshadow ini adalah salah satu yang lembut.
Shade ketiga adalah matte light taupe dengan grey undertone. Eyeshadow ini memiliki tekstur yang sama lembutnya dengan tekstur di shade deep taupe.
Terakhir, warna light cream yang memiliki satin finish dan tekstur yang, menurut saya, paling keras sehingga sulit untuk menempel pada kulit maupun aplikator seperti brush atau jari. Selain itu, swatch pada tangan saya, warna ini terlihat lebih berwarna silver daripada creme.

 
Bicara ketahanan, setiap eyeshadow akan tahan jauh lebih lama jika memakai eyeshadow primer terlebih dahulu. Begitu juga dengan eyeshadow Essence ini, dimana ketahanan bukanlah poin menonjol dari eyeshadow ini. Meski demikian, eyeshadow ini cukup pigmented sehingga mungkin tidak akan membutuhkan eyeshadow base untuk membuat warna-warnanya terlihat lebih menonjol. Namun itu adalah pilihan.

 
So, berdasarkan review diatas, saya menarik kesimpulan bahwa Essence Quattro Eyeshadow Smokey Eyes Look Palette memiliki :
Pros : harga murah, warna pigmented
Cons : selain warnanya yang mungkin akan cukup cepat menghilang jika tidak menggunakan eyeshadow primer, palet ini tidak memiliki cons lainnya.
Jadi, saya memberi nilai 75 untuk eyeshadow palet ini. Not bad and not so good though ;).

 
Well, sekarang kita mulai tutorialnya ya. Pada tampilan selanjutnya, saya hanya menggunakan eyeshadow-eyeshadow yang ada dalam palet ini, tidak ada yang lainnya. Saya pikir ide ini bagus, mengingat saat membeli suatu palet eyeshadow, kita berharap dapat membuat suatu tampilan mata hanya dengan eyeshadow yang ada saja, bener ga? Kita mulai yah..

 
Seperti biasa, pertama-tama, aplikasikan dulu eyeshadow primer lalu tunggu selama kira-kira 30 detik hingga meresap sempurna. Lalu dengan menggunakan classic eyeshadow brush, aplikasikan warna crème pada tulang alis sebagai highlight. Kemudian dengan menggunakan blending brush, aplikasikan warna light taupe di sepanjang lipatan mata sebagai warna transisi saya yang pertama.

1
Kemudian dengan menggunakan blending brush yang lebih kecil, aplikasikan warna deep taupe diatas warna light taupe sebagai warna transisi kedua. Jangan takut untuk menggunakan banyak warna yang hampir serupa, karena hasil akhirnya nanti menyerupai efek 3D. Lalu dengan menggunakan angled brush, aplikasikan warna deep grey lagi-lagi di sepanjang daerah lipatan mata.

2
Lalu aplikasikan eyeshadow base warna putih pada kelopak mata sehingga sekarang tampilan makeup mata adalah cut crease. Kemudian, aplikasikan kembali eyeshadow warna crème di atas eyeshadow base tadi.

3
Kemudian gambarkan winged eyeliner pada garis mata atas. Lalu dengan menggunakan angled brush, aplikasikan warna deep grey pada bagian garis mata bawah dan hentikan pengaplikasian jika warna sudah mencapai hampir dekat dengan ujung mata bagian dalam. Kemudian aplikasikan eyeliner pencil warna putih di sepanjang bingkai mata dan teruskan ke bagian ujung mata hingga warna putih tersebut menyatu dengan eyeshadow yang ada pada kelopak mata.

4
Terakhir, aplikasikan mascara pada bulu mata bagian atas dan bawah. Kemudian tempelkan bulu mata palsu untuk efek yang lebih dramatis.

5
Oke, sebetulnya untuk mendapatkan tampilan mata seperti ini, Ladies bisa menggunakan eyeshadow taupe/kelabu apapun, asalkan teknik saat pengaplikasiannya sama seperti yang saya jelaskan diatas.

 
Yap, sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

 

 

Untuk melihat review produk Essence lainnya, klik ini dan ini.
Untuk mencari tahu tentang cut crease, klik ini.
Untuk mencari tahu perbedaan antara eyeshadow base dan eyeshadow primer, klik ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s