Lipstik yang Bikin Gigimu Tampak Putih!


Hai Ladies..

 
Kali ini kita akan ngomongin lipstik lagi nih, tapi bukan edisi review atau swatch. Nah, kalo Ladies pernah ngalamin beli lipstik yang warnanya kece tiada tara, tapi pas dipake ternyata malah bikin gigi jadi tampak kusam atau kuning banget, postingan ini akan cukup bermanfaat. Ready? Go!

warm-cool-WC-copy6

 
Oke, pertama-tama saya bahas dari hal undertones. Lipstik yang membuat gigi tampak lebih putih adalah lipstik yang memiliki undertones warna biru. Biru? Iya, ada loh undertones warna biru dan itu termasuk ke kategori cool undertone. Bibir kita pada umumnya berwarna lebih pink/merah/gelap daripada kulit tubuh atau wajah kita dan warna-warna tersebut dikategorikan pink undertone. Jadi pink undertone pada bibir adalah warna netral alami bibir kita.

 
Nah, jika gigi Ladies berwarna kuning, maka gigi itu sebetulnya tidak sepenuhnya berwarna kuning seperti warna bunga matahari. Tetapi putih dengan rona/noda kekuningan, sehingga termasuk kategori warm undertone. Sekarang kita pakai logika dari color wheel, dimana agar suatu warna terseimbangkan maka perlu warna komplementernya. Dalam hal ini, kekontrasan warna kuning dan biru saling berlawanan. Sehingga warna atau rona kebiruan dapat melawan over-exposed dari warna kuning dan sebaliknya. Begitu juga dengan lipstik, lipstik berundertone amat sejuk (biru) dapat mengimbangi warna gigi yang kekuningan sehingga gigi tampak lebih putih.

blue and yellow
Berdasarkan logika dari color wheel mengenai warna komplementer, maka pengimbang warna-warna hangat (warm, dalam hal ini adalah gigi kuning) adalah warna-warna sejuk (cool, dalam hal ini lipstik dengan cool undertone). Di paragraph atas memang saya kemukakan mengenai penggunaan blue based lipstick untuk membuat gigi terlihat lebih putih. Namun hal yang sama berlaku juga untuk lipstik warna lain seperti pink, nude, dan vampy yang sepertinya sulit menentukan apakah lipstik-lipstik tersebut memiliki blue based atau tidak. Intinya adalah pilihlah lipstik yang merona lebih ke-pink-an agar gigi ladies terlihat lebih putih.

cool and warm
Meski demikian hari-hati dalam memilih lipstik warna ungu dan pink karena kedua warna ini bisa sedikit agak licik. Warna ungu adalah perpaduan warna merah dan biru, betul tidak? Nah, untuk mendapatkan tampilan gigi yang tampak lebih putih, pilih warna ungu yang lebih kebiruan (misalnya iris, violet, periwinkle atau indigo). Begitu juga dengan warna pink, pilihlah lipstik berwarna pink-berry daripada warna pink-coral.

purples pinks
Hal selanjutnya adalah mengenai tekstur lipstik. Lipstik yang memiliki sedikit kilau (shiny) memiliki efek membuat gigi tampak lebih putih daripada lipstik dengan tekstur matte.

shine and matte
Nah, berikut ini adalah warna-warna yang perlu dihindari jika menginginkan gigi terlihat tampak lebih putih. Pertama adalah lipstik oranye. Ya, warna oranye tidak pernah mencadi sejuk sama sekali karena oranye adalah warna warm sejati. Dengan memakai lipstik warna oranye, gigi yang kuning akan terlihat lebih kuning. Meski demikian, warna oranye memiliki efek membuat kulit wajah tampak lebih cerah (tapi itu cerita di lain hari).

oranges
Yang kedua adalah warna neon. Memang sebagian warna neon memiliki cool undertones, namun tetap saja… Warna neon adalah warna yang terlihat amat intense apalagi jika dipadankan atau bersebelahan dengan warna merah, biru, putih, atau hitam. Warna neon pada umumnya memiliki efek POP sehingga cenderung membuat hal yang ada disekitarnya (misalnya gigi) tampak lebih gelap atau kusam.

neons
Lipstik berwarna frosty atau metalik. Jadi memang ada tingkatan kilau pada lipstik, yaitu satin, shine, gloss, metallic, frosty atau icy. Lipstik yang terlalu frosty malah cenderung membuat gigi terlihat kusam dan kumal, hiii.. Memang sekarang mulai musim lipstik berwarna metalik, beberapa line kosmetik mulai mengeluarkan lipstik bernuansa metalik. Meski demikian, hari-hati dengan penggunaan lipstik tersebut karena bisa membuat gigi terlihat kuning.

frosty
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

Advertisements

9 thoughts on “Lipstik yang Bikin Gigimu Tampak Putih!

      1. mba beli lipstik warna hitam kya gtu d.mana? saya lgi cari2 lipstik warna hitam kok susah ya..😢😢

        Like

      2. Coba belinya online, dari brand luar kaya ABH, Lime Crime, La Splash. Merk lokal ada sih yang ngeluarin lipstik warna hitam, tapi saya lupa merknya, hehehe..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s