TONYMOLY Face Mix Skin Foundation : Review and Swatch


Hai Ladies..

 
Kali ini saya akan melakukan swatch sekaligus review dari foundation yang menurut saya cukup oke. Adalah Face Mix Skin Foundation dari TONYMOLY, dan ini pertama kalinya saya saya mereview produk Korea. Oke, kita mulai aja ya..

tn_face_mix_foundation_11_large

 
Packaging dari foundation ini adalah botol dengan pump. Apabila pumpnya di tekan, maka bagian dasar dari botol terangkat sehingga semakin sering dipakai, foundation akan semakin terlihat naik. Saya lebih suka jenis pump yang seperti ini daripada pump yang memakai selang. Karena pump yang berjenis ini akan menghabiskan produk hingga selesai. Sedangkan pump yang memakai selang biasanya (sesuai dengan pengalaman saya) masih menyisakan produk karena panjang selang umumnya tidak mencapai dasar.

 
Face Mix Skin Foundation memiliki 3 shade, namun yang saya miliki adalah shade mix beige. Shade ini memiliki yellow undertone yang sesuai dengan undertone kulit saya dan merupakan shade yang paling gelap dari ketiganya. Namun tetap saja, shade ini masih terlalu terang untuk saya. Yeah, foundation ini memang minim varian warnanya, tapi pada umumnya begitulah kosmetik Korea.

 
Foundation ini (menurut saya dan menurut labelnya) amat ringan. Saat memakainya, saya tidak melihat adanya tekstur sehingga wajah terlihat mulus. Kabar baik lainnya, meskipun formulanya ringan tapi daya covernya buildable, artinya bisa disesuaikan hingga daya cover maksimal. Caranya adalah dengan menambahkan lapisan atau mengaplikasikan ulang foundation setelah aplikasi pertama pada wajah sudah mengering.

 
Coverage yang saya maksud diatas bisa saya jelaskan melalui gambar di bawah ini. Gambar pertama adalah tangan bagian dalam dengan noda bekas lipstik matte warna pink dan coretan tinta. Gambar kedua adalah swatch Face Mix Skin Foundation shade Mi x Beige, dan yah.. bisa dilihat kan warnanya benar-benar terang dibandingkan warna kulit saya. Gambar ketiga adalah hasil blending dengan cara ditekan-tekan lembut menggunakan ujung jari. Disini mulai terlihat bahwa noda kemerahan (yang saya asosiasikan dengan kulit yang kemerahan) dan kehitaman (yang saya asosiasikan dengan noda hitam atau bekas jerawat pada wajah) mulai samar. Gambar keempat adalah penambahan lapisan kedua setelah lapisan sebelumnya (gambar no. 3) mengering, kira-kira 5 menit.

20150711_040130-tile
Face Mix Skin Foundation ini menghasilkan tampilan akhir yang sedikit basah (dewy) namun tidak membuat wajah keseluruhan tampak kucel. Pada gambar di bawah, dimana pada bagian kiri ada wajah saya yang polos tanpa apapun, termasuk face primer. Jadi terlihat, pori-pori saya tampak sedang show off banget, hehehe… Sedangkan di bagian tengah adalah wajah saya setelah memakai Face Mix Skin Foundation. Disini terlihat bahwa bekas-bekas jerawat cukup tercover dan wajah saya terlihat seperti berminyak (yang akan saya bahas di paragraph selanjutnya). Selain itu, terlihat perbedaan shade warna kulit asli dengan foundation cukup jauh. So, untuk pemakaian selanjutnya saya perlu mencampurnya dengan produk lain yang 1-2 tingkat lebih gelap. Sedangkan gambar bagian kanan adalah setelah menggunakan translucent powder. Disini saya tidak menggunakan concealer sehingga lingkaran bawah mata tetap terlihat. Meski demikian, wajah saya terlihat lebih matte dan siap untuk riasan selanjutnya.

D
Foundation ini memiliki SPF 30, sehingga cukup bisa melindungi dari paparan sinar matahari. Namun karena kandungan SPF-nya, maka foundation ini akan terlihat menghasilkan backlight saat difoto (apalagi jika difoto dengan menggunakan blitz). Kandungan SPF inilah juga salah satu faktor pembuat tampilan basah pada wajah. Jadi gini, Ladies… Kalau seandainya Ladies mencari foundation dengan tampilan akhir matte, maka pilihlah foundation yang tanpa SPF. Semakin tinggi kandungan SPF dalam suatu produk, semakin basah (dewy) tampilan akhir yang akan didapat.

 
Foundation ini cukup tahan lama. Tergantung apakah saat memakainya kita mengaplikasikan face primer di awal dan diakhiri oleh setting spray atau tidak. Tapi jika semua step “pengawet” itu di skip, maka foundation ini bisa bertahan 4-8 jam. Tergantung dimana kita berkegiatan. Jika Ladies beraktivitas di dalam ruangan, apalagi yang ber-AC, maka foundation akan lebih terlihat tidak perlu touch up daripada jika Ladies beraktivitas di outdoor atau lapangan.

 
Sama seperti foundation lain, foundation ini memiliki berat 30 gram. Daaan harganya, nah.. pasti Ladies nungguin baca bagian harga kan?? Beberapa bulan yang lalu, saya membeli foundation ini dengan harga 130 ribuan. Cukup murmer lah ya. Namun beberapa waktu lalu saya lihat di salah satu booth department store, harganya 250 ribu lebih. Wew!

 
Oke, kesimpulan dan review diatas adalah sebagai berikut :
Pros : longlasting, ringan, buildable to full coverage, SPF tidak terlalu tinggi.
Cons : limited shade.

So, dengan demikian dari skala 10, saya memberi nilai 7,5 untuk foundation ini. Yeah.. rata-rata foundation yang saya pikir cocok, saya kasih nilai sebesar itu karena sampai detik ini saya belum menemukan foundation yang betul-betul pas dengan karakter dan warna kulit saya.

 
Demikian review dan swatch kali ini, semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s