Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base. Bedanya?


Hai, Ladies..

 
Beberapa orang bertanya kepada saya, apa sih bedanya eyeshadow base dan eyeshadow primer? Well, kita bahas se.ka.rang!

 
Terdapat perbedaan yang mendasar mengenai dua produk kosmetik ini. Eyeshadow primer fungsinya sama seperti face primer, yaitu mempersiapkan mata untuk semua produk yang akan dipakainya nanti, menahan minyak alami sehingga eyeshadow tidak menggumpal (yang artinya membuat tampilan eyeshadow tahan lebih lama), memperbaiki ketidakseimbangan warna kulit mata,membuat permukaan kulit lebih halus (yang artinya membuat eyeshadow lebih mudah untuk dibaurkan), dan lain lain. Eyeshadow primer pun biasanya memiliki konsistensi atau tekstur yang sama seperti face primer, yaitu ringan, mudah menyerap, dan cukup creamy.

 
Di lain pihak, eyeshadow base fungsinya hampir seperti foundation, yaitu sebagai kanvas sebelum kita mulai melukisnya. Fungsi lain dari eyeshadow base adalah membuat warna eyeshadow lebih cerah dan membuat produk lain seperti shimmer atau glitter lebih menempel. Eyeshadow base biasanya memiliki bentuk yang lebih padat/kental daripada eyeshadow primer, meskipun ada bebera eyeshadow base yang tidak demikian. Banyak produk yang bisa dipakai untuk menjadi eyeshadow base, misalnya cream eyeshadow, gel liner, pencil liner, concealer, atau bahkan cream foundation.

 
Eyeshadow base pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk menahan minyak alami pada mata, namun sekarang banyak industry kosmetik yang menampilkan dua fungsi ini dalam satu produk. Bahkan ada yang menambahkan shimmer atau tekstur matte di dalam formulanya sehingga menambah nilai plus dalam pemakaiannya.

 
Lalu bagaimana cara memakai produk tersebut? Sama seperti makeup pada wajah, primer terlebih dahulu kemudian base.

 
Kemudian kapan sebaiknya memakai kedua produk tersebut? Well, untuk saya pribadi, eyeshadow primer adalah suatu keharusan karena fungsi-fungsi yang saya sebutkan diatas (saya bahkan memakai eyeshadow primer meskipun hanya memakai eyeliner saja). Sedangkan eyeshadow base adalah pilihan, tergantung jenis eyeshadow yang akan dipakai dan mood ingin eyeshadow saya terlihat seperti apa.

 
Sekian postingan kali ini. Thanks and take care, Ladies. Ciao!

 

PS : untuk mengetahui produk-produk yang dipakai di wajah, klik ini.

PSS : untuk mengetahui produk-produk yang dipakai di mata, klik ini.

feature image from http://beautifulwithbrains.com

Advertisements

4 thoughts on “Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base. Bedanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s