DIY Makeup Setting Spray


Oke, kali ini saya mau cepet aja. Karena yang akan saya tulis disini adalah tips super simple dan super cepat tapi manjur dan bisa bikin makeup awet seharian (yessss!!).

Inget ga, ulasan saya sebelumnya mengenai makeup setting spray? Setting spray adalah salah satu alat kosmetik yang bisa membuat makeup kita awet selama beberapa jam, sekaligus menghidrasi kulit dan membuat warna-warna makeup yang kita pakai di wajah lebih “keluar” (oke, klik ini untuk lebih jelasnya). Nah, sekarang saya mau member ulasan tentang makeup setting spray yang saya buat sendiri.

Alat dan bahannya simple aja, yaitu :

  • Botol spray kecil, ini dijual di department store, beberapa apotik, atau di toko aksesoris di mall/pasar.
  • Sari mawar/rose water, yang saya gunakan disini adalah Air Sari Mawar Putih dari Mustika Ratu.
  • Air mineral, atau air matang.

0000947_empty-spray-bottle-50-ml 09-08-2012-air-sari--Mawar-P mineralwater

Cara membuat makeup setting spray ini juga cukup mudah, hanya menuangkan air mawar secukupnya ke dalam botol spray lalu menambahkan air mineral hingga botolnya penuh, lalu kocok. Mudah banget kaaaann..

Makeup setting spray yang saya buat sendiri terdiri dari ¼ air mawar dan ¾ air mineral. Setting spray ini saya semprotkan beberapa kali di wajah untuk menghidrasi kulit sebelum memakai makeup, lalu saya seprotkan pada kuas eyeshadow untuk membuat warnanya lebih vibrant dan lebih awet, lalu saya semprotkan lagi sebelum memblending concealer agar tidak cepat menggumpal, dan terakhir saya semprotkan lagi di wajah setelah makeup saya sudah sempurna terpakai agar makeup saya awet. Kok kayanya boros banget yah pakai setting spray sebanyak itu? Biar saya kasih tau yah, ladies.. Kalau pakai setting spray dari Urban Decay atau Kat Von D, saya juga pasti bakal irit-irit karena harganya memang mahal dan susah dapetinnya. Tapi kalau pakai setting spray yang saya bikin sendiri ini, saya bisa boros-boros memakainya. Secara satu botol air mawar harganya cukup murah, paling hanya belasan ribu rupiah dan dijual hampir di setiap toko kosmetik, mall, atau apotik.

Sekarang kita bicara ketahanan setting spray bikinan sendiri ini, well.. Saya pikir cukup lama, bisa 4-5 jam makeup saya tetap awet. Saya mempunyai kulit yang berminyak dan bisa dibilang saya sudah menyerah dengan keadaan ini. Jadi dalam 1 jam, walaupun saya memakai setting spray jenis apapun, pasti akan tetap berminyak, tidak terkecuali dengan memakai setting spray air mawar. Meski demikian, jika saya “mengambil” minyak yang ada di wajah saya dengan kertas minyak dan saya akan terlihat segar lagi dan makeup sayapun terlihat tetap ditempatnya, tidak bergeser atau meleleh.

Jadi intinya, untuk penggunaan sehari-hari saya lebih suka setting spray air mawar ini, hihihi.. Karena selain murah juga mempunyai ketahanan yang cukup lama, dan bisa dibawa kemana-mana (oke, tempatinnya di botol spray kecil aja). Oh iya, karena disini kita pakai air mineral mungkin batas pemakaiannya hanya 2-3 minggu, setelah itu buang dan bikin lagi yang baru. Ladies, bahkan membuang setting spray ini pun saya ga merasa sayang loh, hahaha.. sombong! :p

Sebetulnya jika ga ada air mawar, kita bisa menggantinya dengan gliserin. Cara pembuatan, ketahanan pemakaiannya pun sama. Tapi saya pikir gliserin lebih sulit didapat daripada air mawar deh. Lalu kalau ladies ingin air mawar bikinan sendiri juga gampang, tinggal rebus kelopak mawar yang sudah bersih di dalam air suling lalu diamkan di tempat sejuk semalaman.

Oke, sekian dulu tulisan saya kali ini. Sampai ketemu di postingan selanjutnya. Ciao!

Advertisements

4 thoughts on “DIY Makeup Setting Spray

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s