Warna dan Rona


Hai ladies..
Saya mau tanya, siapa yang sering salah pilih warna foundation? Yap! Kali ini tentang warna-warna yang ada pada kosmetik. Kita mulai yah..

warm-cool-WC-copy6
Seperti yang mungkin sudah ladies tau dari dulu, warna terbagi menjadi dua bagian yaitu warna hangat (warm tones) yang biasanya terwakili oleh warna-warna merah, jingga, kuning, hijau serta semua gradasi warna yang ada di antaranya dan warna sejuk (cool tones) yang biasanya terwakili oleh warna-warna hijau, biru, ungu, serta semua gradasi warna yang ada di antaranya. Warna hitam, putih, dan abu-abu tidak termasuk kedalam dua kategori tadi karena warna-warna tersebut memiliki kategori tersendiri yaitu netral.
Dalam dunia kosmetik pun, istilah warna hangat dan warna sejuk juga ada. Yang akan saya bahas terlebih dahulu adalah warna kulit. Kita mungkin sepakat, bahwa warna kulit manusia adalah gradasi dari warna coklat, ada yang memiliki kulit warna coklat sangat muda sehingga mendekati putih, dan ada juga warna kulit coklat yang gelap sehingga mendekati hitam. Warna coklat yang saya sebutkan tadi adalah penampilan luarnya saja. Ada satu hal yang membedakan warna coklat di kulit seseorang dengan warna coklat di kulit orang lain, padahal jika dilihat mereka memiliki warna coklat yang sama. Hal tersebut adalah rona kulit, atau kita sebut sebagai undertone. 83f23cd6fa258ea236946335720c6206
Pernah dengar? Kalau pernah, bagus… Karena mengetahui undertone kulit kita sendiri bisa membuat kita sukses dalam berdandan, hehehe, tapi serius loh, ini beneran. Pernah liat seseorang, atau bahkan kita sendiri, yang setelah berdandan, ternyata malah terlihat terlalu pucat, jadi kucel, atau seperti yang sedang keracunan? Salah satu penyebabnya mungkin karena warna-warna yang dipakai (terutama foundation dan bedak) tidak sesuai dengan undertone yang dimiliki. Ini adalah beberapa cara mengetahui undertone kulit kita.

  1. Lihat pembuluh nadi pada pergelangan tangan. Apabila terlihat lebih kehijauan, maka ladies memiliki warm undertone. Sebaliknya, apabila terlihat lebih kebiruan, maka ladies memiliki cool undertone. Sedangkan bila ladies mengalami kesulitan dalam menentukan warna pembuluh nadi, mungkin ladies termasuk neutral undertone.
  2. Ambil gelang atau cincin berwarna emas dan perak, perhiasan mana yang membuat kulit ladies lebih “bersinar” dan lebih cantik? Jika emas, maka kemungkinan ladies memiliki warm undertone. Sebaliknya, bila perak, maka ladies kemungkinan memiliki cool undertone.
  3. Saat memilih pakaian, baju warna apa yang membuat ladies terlihat lebih keren? Jika merah, kuning, atau warna-warna tanah, mungkin ladies memiliki warm undertone. Jika ungu, biru, atau hijau zamrud, maka ladies memiliki cool undertone. Dan jika ladies benar-benar keren memakai baju warna apapun, mungkin ladies termasuk neutral undertone.
  4. Coba keluar rumah saat hari sedang cerah atau panas. Apabila kulit ladies jadi seperti udang rebus, kemerahan dan matang, kemungkinan ladies memiliki cool undertone. Tetapi apabila kulit ladies menjadi menggelap, kemungkinan ladies memiliki warm undertone.
  5. Sekarang kita gunakan warna-warna netral seperti hitam dan putih. Jika ladies terlihat lebih spektakuler dengan menggunakan warna hitam yang hitam banget dan putih yang putih banget, maka kemungkinan ladies memiliki cool undertone. Tapi jika ladies terlihat lebih spektakuler saat menggunakan warna putih tulang, putih gading, putih mutiara, latte, atau cappuccino maka kemungkinan ladies memiliki warm undertone.

Dari lima cara diatas, mungkin ladies akhirnya tau warna undertone kulit ladies sendiri. Sekarang kita beralih ke definisi dari cool dan warm undertone itu sendiri. Sama seperti bahasan tentang cool dan warm shade yang sudah tertulis diatas, cool undertone adalah rona kulit kemerahan (sebetulnya pink sih). Sedangkan warm undertone adalah rona kulit kekuningan. Jadi terbayang tidak, dibawah lapisan kulit kita yang berwarna coklat itu, ada warna pink atau kuning yang menjadi dasar dari warna kulit kita.
Setiap orang memiliki salah satu warna undertone, tidak peduli tampilan warna kulitnya. Jadi ga berarti orang yang warna kulitnya terang undertonenya merah, dan orang yang kulitnya gelap undertonenya kuning yaa.. Buktinya, banyak orang yang walau kulitnya gelap tapi tetep kelihatan super duper kece saat pakai baju atau lipstick warna pink terang atau orang yang berkulit terang tapi terlihat terlalu pucat saat memakai baju atau lipstick warna merah.

How-to-apply-foundation-properly-5
Nah, balik lagi ke soal warna foundation. Ladies kan sekarang udah tau undertone kulit masing-masing kan, jadi pilih foundationnya yang sesuai dengan undertonenya yah. Caranya mudah.. saat kita memilih foundation, kita coba semua warna dibagian dalam tangan sebanyak setetes/secuil (jangan di punggung tangan yah, soalnya warna disana cenderung lebih gelap daripada warna wajah kita), jangan dibaurkan dulu, karena kalo sudah terbaurkan, biasanya lebih sulit menentukan mana yang cocok. Lalu kita lihat foundation mana yang warnanya lebih pink atau lebih kuning, yang sesuai dengan undertone kita. Lalu kalo sudah menemukan foundation yang undertonenya sama dengan kulit kita, barulah kita pilih shade atau nuansa yang cocok dengan kulit kita. Dengan begitu saat kita berdandan, kita akan terlihat lebih glowy, lebih cantik, dan ga kelihatan sedang keracunan makanan lagi. LOL.
Sekian postingan kali ini. Asalnya saya mau tambahkan tentang contour dan bronzer, tapi kayanya kepanjangan deh. Jadi topik itu untuk selanjutnya aja deh, hehe.. So jangan lupa follow untuk updatenya yah. Ciao!

Advertisements

24 thoughts on “Warna dan Rona

  1. Kl aku apa mbak? Pilihin,,, bingung 😁
    Aku baca tulisan ini jd kebawa cara ngomong mbak Vita yg ky mobil di jalan tol(cepet bgt)

    Like

    1. Coba liat warna pembuluh darah yang ada di tangan, mbak titis. Kalo ijo, itu warm. Kalo biru, itu cool. Tapi kalo saya liat, ada kemungkinan mbak titis itu warm undertone deh..

      Like

  2. Aku neutral undertone,tapi kalo panas panasan kayak udang rebus.
    Gimna tu aku ga ngerti.
    Trus juga kayaknya aku tu kuning gitu,au ah ga paham

    Like

    1. Kalo itu, ada dua kemungkinan,mbak.. Mbak kulitnya bisa jadi jenis yang sensitif, makanya kalo kepanasan langsung mateng. Kemungkinan terkait undertone, mbak mungkin kulitnya neutral-pink undertone. Artinya, walopun netral tapi rona pinknya lebih banyak. Gitu..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s