Apa Saja yang Bisa Kita Aplikasikan di Wajah Kita yang Cantik Ini?


Halo, semuanya 😉

Kali ini, saya akan menulis mengenai produk-produk yang kita pakai sebagai makeup untuk wajah. Iiih pasti pada udah ga sabar kan?? Biar ga terlalu panjang menulis, saya akan kasih sedikit catatan, bahwa revolusi dalam industri makeup sudah betul-betul berkembang. Jika dulu kita hanya tau bahwa foundation itu bentuknya cair dan blush on itu bentuknya padat, well hal itu sudah berubah sekarang. Semua perlengkapan makeup mempunyai tekstur dan bentuk yang berbeda-beda sekarang, ada yang berbentuk serbuk, padat, cair, krim, gel, spray dll. Oleh karena itu, satu produk mengalami pergeseran fungsi yang menurut saya luar biasa. Sebagai contoh, foundation yang warnanya sama dengan warna kulit kita tetap akan jadi foundation, tapi warna yang lebih gelap bisa menjadi contour dan warna yang lebih terang bisa menjadi highlight. Nah, daripada berpanjang-panjang di intro, kita mulai aja yuk.

  • Primer. Produk ini adalah yang pertama kali dipakai setelah menggunakan pelembab dan sebelum menggunakan produk makeup lainnya. Fungsinya adalah untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, menyamarkan pori-pori yang besar, membuat makeup lebih menempel dan lebih tahan lama, beberapa produk bisa menyeimbangkan warna kulit wajah dan menyamarkan noda hitam pada wajah. Sebetulnya produk ini memiliki pro dan kontra terkait dengan kandungan polimer dan silicon yang ada di dalamnya. Meskipun demikian, tanpa polimer dan silicon, primer tidak akan bekerja dengan baik, hehehe.. Tapi semuanya kembali pada kita, apakah akan selalu menggunakan primer setiap mau dandan atau tidak.

4_spackle-under-makeup-primer ae9006e930454eb6bdd5f4b92ad726c1-450x450 Primer-make-up7-190732_L

  • Corrector. Produk ini dipakai untuk menyamarkan noda dan menyeimbangkan warna kulcolor-theory-in-color-correctionit. Biasanya corrector terdiri dari beberapa warna; warna oranye untuk menyeimbangkan kulit yang kebiruan, warna kuning untuk kulit yang keunguan, dan hijau untuk kulit yang kemerahan (okay, ini saatnya kita ingat kembali pelajaran waktu SD dahulu mengenai color wheel lol). Bekas jerawat, lingkaran mata, atau bekas lebam bisa dihilangkan dengan corrector asal warna yang dipakainya sesuai dengan kebutuhan. Corrector biasanya dikemas dalam bentuk palet (bisa cream atau pressed powder) atau satuan berdasarkan warna.

82colorcamoquad_ph001 83801_complecperfect_zoom 

300 CW-500x750 Lavender_Corrector__04844.1407572143.1280.1280 nyx-corrector-en-frasco-concealer-jar-yellow

  • Concealer. Setelah warna kulit cukup mendekati rata, barulah memakai concealer untuk betul-betul menutupi kekurangan yang ada (oke, jangan hakimi saya dulu, kekurangan yang saya maksud disini berkaitan dengan ketidakrataan warna kulit, ya..). Biasanya concealer dipakai di dari bawah mata dan melancip di dekat cuping hidung, tapi bisa juga untuk menutupi bekas jerawat yang ekstrim atau untuk menjadi highlight pada tulang alis.

prolongwear-concealer-nc15-300 instant-age-rewind-the-eraser-eye_pack-shot-crop HideTheBlemishConcealer_TEASER_0 full_cover_12301

dream-mousse-concealer Clinique-Concealer-Line_Smoothing_Concealer

  • Foundation. Setelah warna kulit sudah rata, tidak terlihat lagi lingkaran mata dan bekas-bekas perjuangan hidup lainnya (lmao), barulah kita pakai foundation. Foundation ini akan menjadi semacam kanvas sebelum kita akan mulai “melukis” wajah kita. Pilih foundation yang warnanya sesuai dengan kulit wajah dan leher kita. Well, saya tau memilih foundation juga suatu perjuangan, karena kadang warnanya terlihat sudah sesuai tapi ternyata pas dipakai, malah membuat wajah kita terlihat kelabu, lebih putih secara mengerikan atau malah jadi kusam. Ladies, biar saya kasih tau, itu karena warna foundation yang dipilih tidak sama dengan undertone kulit kita (tapi saya akan bahas tentang undertone ini lain waktu, mungkin 2-3 post selanjutnya).

5c767cdd4e9236be9626e0a71336d21e airbrush-makeup-foundation-matte-finish-m10-golden-carmel-water-based-makeup-long-lasting-all-day-without-smearing-running-fading-or-caking-0-25-oz-bottle-by-glam-air_57324 Photoperfexion.jpg best-makeup-foundation-2013-for-oily-skin-acne Check-the-Foundation-Formula Foundation-powder-face-mineral-makeup-shade-medium-skin TOM-FORD-BEAUTY-Traceless-Foundation-Stick-in-Pale-Dune UK200008688_LAURA_MERC

  • Contour. Waktunya melukis! Wajah kita yang telah memakai foundation pasti akan terlihat pucat dan rata, maka inilah saatnya kita memakai contour. Contouring adalah kegiatan memberi dimensi dengan cara menambahkan kesan bayangan pada permukaan kulit. Mau kita jadikan apa wajah kita ini? Tulang pipi jadi terlihat lebih tinggi, hidung jadi terlihat lebih mancung, dahi kelihatan lebih sempit, bibir terlihat lebih penuh, mata terlihat lebih dalam, dagu terlihat lebih lancip? Semua bisa kita lakukan saat contouring. Tapi hati-hati, karena salah dalam mengaplikasikan contour bisa-bisa malah membuat wajah kita jadi lebih aneh dari biasanya LOL. Pada dasarnya, Ladies, kita semua sudah diberkahi struktur tulang muka dan kulit yang cantik, jadi kegiatan contouring ini sebetulnya untuk memperkuat fitur-fitur yang telah kita miliki sebelumya, bukan merubah wajah kita menjadi wajah orang lain.

71c1Jt+IGUL._SL1500_ 14110 fb29d8fa-9394-4bec-9bc1-82b6198bb8d2

  • Highlight. Dimana ada contour, maka disitulah ada highlight. Apabila kita HANYA mengaplikasikan contour SAJA tanpa highlight, maka wajah kita malah jadi aneh, jadi kucel atau apalah. Karena contour ibaratkan bayangan, maka highlight adalah permukaan yang terkena cahayanya. Oleh karena itu fungsi highlight disini adalah untuk menyeimbangkan wajah kita agar efek contouring lebih terlihat.

  Benefit_Cosmetics-Teint-High_Beam_Highlighter Lancome-Highlighter-Rose-Etincelle benefit-cosmetics-watts-up-highlighter-d-20110928181455917~151100 2254859 

31yu2OmaiCL Screen-Shot-2012-02-10-at-11.14.28-AM

  • Bronzer. Meskipun dengan contour dan highlight, wajah kita biasanya masih terlihat pucat. Oleh karena itu kita aplikasikan bronzer agar wajah kita terlihat lebih sehat, cerah, dan hangat.

tumblr_inline_mqowhrELJ31qz4rgp tart-glam-gams-bronzing-stick Mua-Makeup-Academy-Sunkissed-Glow-Mosaic-Bronzer-2374-847161-1-product2 84169m_l Larenim-Mineral-Bronzer-Goddess-Glo-Light-670188123718 dr.+h+bronze+concentrate body-shop-brush-on-beads

  • Blush on. Okey, pada titik ini kulit wajah kita sudah bebas noda, terlihat lebih cerah dan berdimensi. Maka sekarang waktunya kita memberi sedikit warna pada wajah kita agar terlihat lebih merona dan “hidup” dan diisinilah peran blush on dimulai.

1_benefit-cosmetics-benetint 6310_mineral_blush_XL blush_pinkparadise.1 gallery_elf-liquid-headliner

p187135b Revlon-Cream-Blush-2556

  • Powder. Dengan semua lapisan gel, liquid, dan cream yang telah kita pakai sebelumnya, ada baiknya kalau kita mengesetnya dengan bedak tabur agar semua produk tersebut tidak bergeser dan tetap di tempatnya. Saran saya, pilih bedak tabur tanpa warna sehingga walaupun dengan seabreg makeup yang telah kita pakai sebelumnya, wajah kita tetap terlihat natural (natural di foto maksudnya, kalo di kehidupan nyata ga ada yang namanya natural, makeup yang tebal akan selalu terlihat hahaha..).

2254920 10664494-1415785802-604074 laura-marcier-powder tumblr_inline_mh5k5eqBNA1qdetvy

  • Setting Spray. Produk ini ibaratkan hairspray yang kita pakai dimuka. Kita semua tau kegunaan hairspray kan, untuk membuat rambut yang telah ditata tetap di tempatnya. Produk ini juga sama. Makeup setting spray membuat makeup yang telah kita aplikasikan menempel sempurna dan menahan minyak alami wajah sampai beberapa jam kedepan. Ketahanannya tergantung dengan seberapa bandelnya kulit kita. Saya pribadi punya kulit berminyak jadi walaupun sudah pakai primer, foundation, dan setting spray yang katanya tahan hingga 16 jam, tetap saja minyak tersebut muncul dan terlihat. Meski demikian makeup yang saya gunakan juga tetap menempel.

71080 s1298272-main-Lhero skindinavia-makeup-finish-spray urban-decay-de-slick-oil-control-makeup-setting-spray-xl-size-60-us-fl-oz

  • Makeup Remover. Bagi yang sayang dengan kulit wajahnya, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah seharian memakai makeup. Saya memilih untuk membersihkan makeup terlebih dahulu sebelum mencuci wajah agar kulit jadi segar maksimal dan tidak ada kotoran yang menempel. Karena kalau langsung mencuci wajah kadang makeup yang kita pakai sebelumnya masih tetap menempel.

9ab1f63d32715b5d57c6caa62b86c3d4 6815125_320x385 Andrea_Eye_Qs_Makeup_Remover_Pads_Ultra_Quick__81587.1410905533.600.600 Product-Detail_Face-Care_11137_Face_Foaming_Makeup_Remover_lrg439-111631 totaleffectsmakeupremoverforfaceeyes265x265

Terlalu banyak lapisan pada kulit wajah? Yah, saya ga bisa bilang ga setuju, hehehe.. Pada umumnya orang Indonesia ga akan pakai semua jenis produk di atas setiap hari, mungkin hanya pakai pas akan pergi ke undangan, foto, syuting, atau malah hanya pas waktu jadi pengantin saja XD. Saya pribadi juga tidak menyarankan memakai semua itu setiap hari, karena kasihan sekali kulit wajah kita dibebani terlalu banyak bahan kimia dan lapisan makeup. Meski demikian ga ada salahnya kan kita tahu jenis-jenis kosmetik dan fungsinya pada wajah kita.

Mungkin beberapa ladies malah akan jadi bingung dengan perbedaan contouring dan bronzing. Karena produk yang ada di pasaran (khususnya di Indonesia) cenderung menyamakan produk untuk contouring dan bronzing. Well, bersabarlah.. Karena tulisan selanjutnya adalah tentang perbedaan produk untuk contouring dan bronzing. So follow untuk updatenya yah. Ciao!

Advertisements

12 thoughts on “Apa Saja yang Bisa Kita Aplikasikan di Wajah Kita yang Cantik Ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s